Jurang Tambelan, Wisata Baru di Bantul yang Sedang Ngehits

Wisata Jogja sangat beragam. Tidak hanya wisata alamnya saja yang menonjol namun juga wisata sejarah, budaya, dan masih banyak lagi lainnya. Namun akhir-akhir ini Jogja sedang menggiatkan atau menonjolkan wisata alamnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat Jogja ini memiliki bentang pegunungan yang luas dan juga garis pantai yang panjang membuat banyak wisata alam di Jogja yang bermunculan. Hadirnya wisata alam tersebut juga berkat peran masyarakat dan pemerintah desa sekitarnya yang mampu melihat dan memanfaatkan peluang yang ada, kemudian mengubahnya menjadi tempat wisata alam yang menarik bagi wisatawan.

Wisata Jurang Tembelan Jogja
Jurang Tembelan Jogja IG: @hendrianytime 
Mengenal Wisata Jurang Tambelan
Salah satu wisata Jogja yang baru muncul dan sedang menjadi perbincangan adalah Jurang Tambelan.  Meski objek wisata ini belum setenar dengan wisata di Jogja lainnya namun dengan kekuatan media sosial banyak wisatawan Jogja maupun luar kota yang kemudian tertarik mengunjungi tempat satu ini. Di lokasi ini, Anda sebagai wisatawan akan disuguhkan spot selfie untuk memotret sunrise tau matahari terbit. Pada saat pagi hari kabut di sekitar Jurang Tambelan ini sangat pekat sehingga sangat mirip dengan gumpalan awan yang jatuh ke bumi. Agar Anda bisa memotret fenomena tersebut, ada baiknya jika Anda datang ke Jurang Tambelan saat matahari belum terbit atau pagi-pagi sekali.

Spot foto yang paling hits di Jurang Tambelan adalah bambu yang dibuat mirip dengan kapal Titanic. Kapal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari Jurang Tambelan ini, karena jika Anda bisa membidik foto dengan angle yang tepat kapal tersebut akan seperti berada di atas awan. 

Jurang Tembelan Wisata Jogja
Jurang Tembelan: Negeri di Atas Awan | IG @mita_oci 

Lokasi dan Rute
Lokasi wisata Jogja Jurang Tambelan tidak terlalu jauh dari kebun buah Mangunan, tepatnya berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota jaraknya sekitar 22 kilometer dan bisa ditempuh dengan jalur darat dengan waktu kurang lebih 1,5 jam. Untuk rute terbaik Anda bisa memilih dari arah terminal Giwangan kemudian silahkan lurus menuju ke Jalan Imogiri Timur, terus lurus sampai ke Pasar Imogiri, pasar ini berada di barat jalan. Anda bisa ambil jalur kiri kemudian ikuti arah menuju ke makam raja Imogiri, sampai pertigaan Anda bisa mengambil arah ke Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus. Sesampainya di sana, Anda akan melihat palang yang akan mengarahkan Anda ke Jurang Tembelan tersebut.

Harga Tiket Masuk
Karena masih dalam tahap pengembangan, Anda yang ingin datang ke Jurang Tambelan ini akan dipungut biaya tiket masuk yang murah meriah yaitu Rp2.500 saja. Anda juga akan dikenakan biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan mobil biaya parkirnya sebesar Rp5.000 saja. Jurang Tembelan ini buka setiap hari selama 24 jam penuh.

Berbagai macam fasilitas sudah ada di Jurang Tembelan sehingga Anda bisa menanti sunrise dengan sarapan atau minum secangkir kopi hangat di warung sini. Sekadar tips bagi Anda yang ingin menuju ke wisata Jogja Jurang Tembelan, pastikan bahwa performa kendaraan Anda cukup fit karena medan yang dilalui cukup terjal dan curam, selain itu diperlukan keahlian berkendara yang memadai terutama saat musim penghujan tiba.

Masukan email anda untuk upate hotel murah di Jogja: